Latest Stories

Subscription

You can subscribe to Red Carpet by e-mail address to receive news and updates directly in your inbox. Simply enter your e-mail below and click Sign Up!

TOP 5 Most Popular Post

    Entri Populer

Recently Comments


News

Random

Home » » Inilah Penyebab Anda Bisa Merinding

Inilah Penyebab Anda Bisa Merinding

Kamis, 30 Agustus 2012 | Posted in

Inilah Penyebab Anda Bisa Merinding
Disebabkan oleh piloerection, refleks yang memicu otot-otot kecil di sekitar pori-pori kulit untuk berkontraksi.

Ketakutan, kengerian, kagum, atau dingin dapat membuat tubuh Anda menggigil dan merinding.

Reaksi tubuh biasanya ditandai dengan dengan kontraksi otot-otot kecil di sekitar pori-pori, sehingga membuat bulu-bulu halus pada kulit kencang.

Menurut Fit Sugar, hal ini disebabkan oleh refleks disebut, piloerection. Refleks yang memicu otot-otot kecil di sekitar pori-pori kulit untuk berkontraksi.

Membuat bulu-bulu halus yang tumbuh dan muncul sebagai benjolan kecil di seluruh kulit yang disebut merinding.

Apa penyebabnya? Reaksi fisiologis yang terjadi akibat pelepasan hormon adrenalin yang memicu peningkatan aliran darah ke otot-otot di sekitar pori-pori.

Kondisi ini terjadi secara spontan dan tak terkendali, seperti ketika wajah Anda memerah lantaran malu, tubuh berkeringat saat panik, atau pucat saat ketakutan.

Perlu diketahui, merinding berhubungan dengan reaksi primitif yang timbul dari sistem limbik otak. Biasanya mereda sendiri atas kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan atau setelah tubuh merasa nyaman lagi.

Ketika udara dingin meningkat, tubuh menggigil sebagai reaksi spontan untuk menghangatkan tubuh. Beberapa hewan juga memiliki refleks yang sama ketika merasa dingin. Biasanya ditandai dengan gerakan bulu di seluruh tubuh mereka.

Merinding juga merupakan respon fisiologis terhadap rasa takut seperti munculnya keringat atau peningkatan denyut jantung. Sementara pada hewan , reaksi spontan ketika bahaya mengancam penginderaan muncul sebagai upaya perlindungan diri.

Merinding atau menggigil bisa dikatakan sama dengan emosi lainnya. Berurusan dengan refleks tubuh yang berhubungan dengan otak paleomammalian, struktur keseluruhan dari otak yang mengatur berbagai fungsi termasuk, emosi, sikap, motivasi, dan memori jangka panjang.

Itulah sebabnya kita juga dapat mengalami merinding ketika mendengar sebuah lagu yang indah, atau cerita yang menyentuh.

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Inilah Penyebab Anda Bisa Merinding"