Latest Stories

Subscription

You can subscribe to Red Carpet by e-mail address to receive news and updates directly in your inbox. Simply enter your e-mail below and click Sign Up!

TOP 5 Most Popular Post

    Entri Populer

Recently Comments


News

Random

Home » » Galaksi Tertua Berusia 10 Miliar Tahun

Galaksi Tertua Berusia 10 Miliar Tahun

Senin, 30 Juli 2012 | Posted in

Galaksi Tertua Berusia 10 Miliar Tahun
Ilmuwan mengklaim telah menemukan galaksi paling tua yang ada di alam semesta. Berusia 10,7 miliar tahun lalu, galaksi tertua dengan kode nama BX442 itu diyakini sebagai galaksi pertama yang pernah terbentuk.

Dilansir Universetoday, ilmuwan mengatakan bahwa galaksi saat ini hadir dengan ragam bentuk dan ukuran yang unik. Beberapa diantaranya, seperti galaksi Milky Way (Bimasakti), merupakan sekumpulan bintang berotasi dan gas yang disebut galaksi spiral.

Galaksi lain, yang disebut galaksi elips, menyerupai bola raksasa dari bintang tertua berwarna kemerahan yang bergerak secara acak. Lalu, ada sejumlah kecil galaksi berbentuk tidak teratur yang terikat bersama oleh gravitasi, namun tidak memiliki struktur yang dapat terlihat.

"Ketika Anda kembali pada waktu awal alam semesta, galaksi terlihat benar-benar asing, mengumpul dan tidak teratur serta tidak simetris," ujar Alice Shapley dari Asosiasi Profesor Fisika dan Astronomi UCLA. Menurutnya, sebagian besar galaksi tua terlihat seperti kapal pecah.

Cahaya dari galaksi spiral ini menempuh perjalanan jauh, hampir enam triliun mil per tahun. Membutuhkan 10,7 miliar tahun untuk dapat mencapai Bumi, yakni tiga miliar tahun setelah alam semesta tercipta dalam momen yang disebut Big Bang.

Menurut UCLA, astronom menggunakan teleskop luar angkasa Hubble untuk memantau 300 galaksi yang letaknya berjauhan di alam semesta. Astronom menggunakan instrumen khusus yang disebut spektograf OSIRIS di W.M. Keck Observatory di puncak gunung Mauna Kea.

Instrumen tersebut dibangun oleh profesor James Larkin dari UCLA yang memungkinkan ilmuwan untuk mempelajari cahaya dari 3.600 lokasi di dalam dan di sekitar BX442.

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Galaksi Tertua Berusia 10 Miliar Tahun"